Rabu, 25 November 2009

Manfaat Coklat

Rahasia Coklat

Antioksidan tertinggi hanya ada di buah jeruk? Ternyata di balik rasa yang manis dan cita rasa uniknya, ternyata tersimpan banyak rahasia dari sebatang coklat.
Apa rahasianya ?

Keajaiban dari Sebuah Aroma

Aroma coklat yang menggoda akan memberikan sensasi yang menenangkan. Aroma coklat diduga dapat meningkatkan gelombang theta pada otak. Gelombang theta merupakan salah satu gelombang yang dapat mengirimkan sinyal ke otak sehingga Anda akan merasakan efek rileks. Coklat juga mengandung phenylethylamine untuk meningkatkan mood. Satu gigitan akan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Coklat Berbahaya untuk Jantung ?

Coklat mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah. Flavonoid yang terdapat dalam coklat berperan penting dalam metabolisme senyawa nitrit oksida, yang berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung.
Flavonoid akan membantu proses metabolisme senyawa nitrit oksida untuk meminimalkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Beberapa peneliti di Boston menemukan bahwa konsumsi coklat pada jumlah sedikit dan sedang dapat membantu menjaga tekanan darah. Hal yang sama juga diungkapkan oleh peneliti di Harvard Medical School bahwa dengan mengonsumsi senyawa seperti flavonoid yang terdapat pada coklat, dapat mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Antioksidan Tertinggi Ada di Dalam Coklat

Aktifitas yang padat dan polusi udara akan meningkatkan jumlah radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan. Coklat mempunyai kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi bahkan dibandingkan dengan buah delima. Coklat memiliki nilai Oxygen Radical Absorbance Capacity (ORAC) yang lebih tinggi. Semakin tinggi nilai ORAC maka kemampuan antioksidan untuk menangkal radikal bebas akan semakin tinggi.


Lebih Panjang dan Tahan Lama

Sebagai nutrisi untuk recovery endurance, susu coklat merupakan minuman yang jauh lebih efektif dibandingkan dengan minuman energi lainnya. Penelitian yang dilakukan oleh Northumbria University, Inggris menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi susu coklat akan memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan dengan peserta yang mengonsumsi minuman-minuman energi.

Lebih Jenius dengan Coklat

Anda dipusingkan dengan angka-angka neraca keuangan dan anggaran departemen? Makanlah coklat. Coklat membuat Anda lebih jenius dan lebih pintar. Menurut penelitian dari Northumbria University, mengonsumsi minuman dengan kandungan cocoa Flavonols yang tinggi akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan menambah stamina pada kondisi yang sibuk dan under pressure. Konsumsi coklat sebanyak 520 mg atau 993 mg cocoa flavonols akan memberikan efek yang signifikan saat berhitung. Bagi Anda yang membutuhkan performa prima setiap saat, jadikan coklat sebagai salah satu booster andalan untuk menghadapi jam-jam kantor yang menguras tenaga dan pikiran.

Satu Gigit, Setiap Saat

Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan baik untuk tubuh. Perhatikan juga konsumsi coklat Anda. Saat anda mengonsumsi segelas susu coklat. pilihlah susu yang rendah lemak. Saat Anda mengonsumsi cookies, biskuit, pilihlah yang rendah kalori sehingga Anda tetap mendapatkan manfaat coklat.

Enak, manis, kaya manfaat. Satu gigitan mana pernah cukup ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar