Selasa, 24 November 2009

Tabik pun Jamo Sai Tuho Rajo


Propinsi Lampung. Adalah propinsi paling selatan Pulau Sumatera, merupakan pintu gerbang menuju tempat-tempat lain di pulau ini. Letaknya yang strategis dan terdekat dengan pulau terpadat di dunia Jawa seharusnya menjadikan daerah ini menjadi daerah termakmur di Sumatera, apabila dikelola dan dipimpin oleh leader yang bervisi dan amanah. Selama orde baru Lampung hanya menjadi sapi perah yang hasilnya hanya dialirkan ke Pulau Jawa.
Provinsi Lampung memiliki luas 35.376,50 km² dan terletak di antara 105°45'-103°48' BT dan 3°45'-6°45' LS. Daerah ini di sebelah barat berbatasan dengan Selat Sunda dan di sebelah timur dengan Laut Jawa. Beberapa pulau termasuk dalam wilayah Provinsi Lampung, yang sebagian besar terletak di Teluk Lampung, di antaranya: Pulau Darot, Pulau Legundi, Pulau Tegal, Pulau Sebuku, Pulau Ketagian, Pulau Sebesi, Pulau Poahawang, Pulau Krakatau, Pulau Putus, dan Pulau Tabuan. Ada juga Pulau Tampang dan Pulau Pisang di yang masuk ke wilayah Kabupaten Lampung Barat.
Keadaan alam Lampung, di sebelah barat dan selatan, di sepanjang pantai merupakan daerah yang berbukit-bukit sebagai sambungan dari jalur Bukit Barisan di Pulau Sumatera. Di tengah-tengah merupakan dataran rendah. Sedangkan ke dekat pantai di sebelah timur, di sepanjang tepi Laut Jawa terus ke utara, merupakan perairan yang luas.


Gunung Sugih. Adalah ibukota kabupaten Lampung Tengah yang berjarak sekitar 50 km dari Ibukota Prop. Lampung, Bandar Lampung, atau kira-kira 1 jam perjalanan darat. Sejak tahun 2000 Gunung Sugih menjadi ibukota Lampung Tengah yang sebelumnya berada di Metro, yang kini menjadi Kotamadya.

Jumlah penduduk Lampung Tengah pada tahun 2008 sebesar 1.177.967 jiwa lebih, dengan komposisi 588.702 jiwa penduduk laki-laki dan 589.265 jiwa penduduk perempuan. Kepadatan penduduk rata-rata sebesar 245,93 jiwa per Km2. Rata-rata pertumbuhan penduduk sebesar 1,84 % per tahun. Komposisi penduduk berdasarkan kelompok umur 0-14 tahun = 31,6%, 15-64 tahun = 63,8% dan 65 tahun ke atas 4,6%.

Penduduk Kabupaten Lampung Tengah terdiri dari penduduk etnis Lampung dan Pendatang yang berbaur serasi dan harmonis. Penduduk asli yang bermukim di Kabupaten Lampung Tengah terdiri dari masyarakat kebuaian Abung Siwo Migo dan masyarakat Pubian. Sedangkan penduduk pendatang, tediri dari kelompok masyarakat Semendo, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat/ Sunda, Bali, Batak dan berbagai suku yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar